Selasa, 02 Februari 2016

Air Terjun Nan Alami, Air Terjun Pelangi Indah

Ini bisa jadi tujuan wisata bagi pecinta alam. Namanya Air Terjun Pelangi Indah. Ia masih alami, belum banyak dimodifikasi.

Air terjun alami nan tersembunyi , begitu kesan yang akan muncul ketika berkunjung ke sini. Ia berada dekat sekali dengan Danau Linting hanya berjarak sepuluh kilometer, atau lima belas menit jika berkendara.
Jika ingin berkunjung ke air terjun ini haruslah rajin bertanya pada penduduk sekitar. Sebab belum banyak papan penanda yang menunjukkan keberadaan air terjun ini. Tiga ratus meter jelang air terjun jalanan belumlah beraspal, hanya tanah dan kerikil pun cuma muat dilalui untuk satu mobi saja.
Sesampai dilokasi air terjun belum langsung nampak,gemuruh air pun belum terdengar. Hanya ada sebuah pondok beratap daun kelapa dan bertiang kayu, ada empat sepeda motor yang diparkir, juga ada warung minuman dan makanan ringan.

Namun di samping pondok itu ada susunan anak tangga yang seakan memandu untuk menuruni sebuah lembah. Selang beberapa detik kemudian muncul empat orang tengah ngos-ngosan setelah menaikinya. Oh! Rupanya Air Terjun Pelangi Indah ada di bawah sana.

Semakin menuruni anak tangga semakin terdengar gemuruh air, semakin terasa juga udara sejuk khas pegunungan. Tempat ini benar-benar masih alami, hanya ada susunan anak tangga yang sengaja disemen untuk membantu menuruni lembah itu. Di sekeliling hanya ada hutan, perbukitan dan tebing batu, semua masih asri. Terlihat beberapa penduduk sekitar yang baru saja selesai mencuci di bawah air terjun.
Sesampainya di bawah tampaklah rupa air terjunnya. Rupanya air terjun ini terbentuk dari susunan batu secara alamiah, ada dua air terjun setinggi sepuluh meter. Banyak tumpukan batu-batu yang berukuran besar disekitarnya, air terjun pun jatuh melintasi batuan yang terbesar.
Karena terbentuk dari susunan batu, ada sebuah celah dibawah air terjun. Cukup luas untuk duduk di bawahnya. Dasar air terjun tidaklah dalam seperti Air Terjun Dwi Warna di Sibolangit. Karenanya pengunjung bisa bebas menjelajahi area seputaran air terjun. Tampak pula di antara batu-batu besar itu tumbuh tanaman dan lumut. Air yang sejuk dan dingin terasa sayang jika tak sempatkan untuk mandi.

Beberapa pengunjung terlihat berfoto di atas air terjun. Rupanya di pertengahan anak tangga tadi ada jalan kecil menuju bagian atas air terjun. Tiba di atas air terjun terlihat pemandangan lain, ada begitu banyak tumpukan batu yang tersusun alami. Batu pipih yang tersusun dari empat sampai lima batu, hadir pula pohon mati yang bertumpuk di atasnya. Ada juga batu yang ditumbuhi lumut serta daun-daun yang bejatuhan dari pohon yang tumbuh di sekitar menambah kesan alaminya tempat ini.

Semakin dijelajahi, tempat ini semakin menunjukkan kealamian dan pesona tersembunyinya. Jika terus bergerak ke atas, akan ditemukan sebuah tempat yang begitu unik, kesan yang ditimbulkan serasa berada di tempat lain. Ada lembah sungai yang diapit tebing batu setinggi dua puluh meter dengan lebar lembah lima hingga tujuh meter. Batu yang berada di tebing tadi masih setipe dengan batu-batu yang tadi ditemui.

Tebing batunya seakan membentuk sebuah relief karena gelombang-gelombang yang dimilikinya. Airnya mengalir tenang, dasar sungainya pasir, jika diinjak akan menghisap kaki, sehingga harus hati hati untuk memilih tempat berpijak. Sungainya masih panjang berkelok-kelok hingga beberapa meter ke depan. Sekilas di sini mirip Ngarai Sianok di Bukittinggi, bedanya tempat ini lebih mini dan tebingnya terbuat dari batu.
Suasananya begitu damai dan tenang. Tak ada hiruk pikuk kendaraan bermotor, tak ada suara orang, yang ada hanya kicauan burung. Sangat cocok untuk relaksasi dan dan melupakan sejenak hiruk-pikuknya kota Medan. Sepinya tempat ini benar-benar menunjukkan bahwa air terjun ini masih belum banyak yang menjamahnya. “Masih sedikit orang yang tahu dengan tempat ini,” ungkap Anita Samosir salah seorang pengunjung dari Medan.

Anita bilang air terjun ini merupakan salah satu dari tiga air terjun yang berada di sekitaran Danau Linting. “Air terjun ini lah yang paling dekat,” katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com